Selayang Pandang Gerakan Muara Enim Cerdas

Selayang Pandang Gerakan Muara Enim Cerdas

Kabupaten Muara Enim adalah salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Selatan, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Muara Enim yang secara geografis berada di antara 4° sampai 6° lintang selatan dan 104° sampai 106° bujur timur. Kabupaten Muara Enim merupakan daerah agraris dengan luas wilayah 7.483,06 km², terdiri atas 22 kecamatan dengan penduduk ± 700.000 jiwa. Untuk mencapai Muara Enim, diperlukan waktu sekitar enam jam perjalanan darat dari ibu kota Provinsi Sumatera Selatan, Palembang.

Kabupaten Muara Enim mengandalkan sektor pertanian sebagai salah satu pendorong perekonomiannya, di antaranya tanaman pangan, perkebunan, peternakan, dan perikanan. Hal ini dapat terlihat dari luas wilayah Kabupaten Muara Enim 79,02 persennya (591.321 Ha) merupakann lahan pertanian. Selain itu ada pula sektor pertambangan yang berperan cukup besar dalam perekonomian Kabupaten Muara Enim yaitu minyak, gas, serta batubara.

Masyarakat Muara Enim mempunyai kebiasaan bergotong-royong dan memiliki semangat kerjasama sesuai dengan slogannya “Serasan Sekundang” yang juga menjadi identitas Muara Enim itu sendiri. Namun, Pengembangan sumber daya manusia masyarakat Muara Enim belum secara rata dan maksimal. Perkembangan yang belum dirasakan rata ini khususnya dalam sektor pendidikan di daerah dusun dan talang.

Untuk mengatasi masalah tersebut Gerakan Muara Enim Cerdas memberikan solusi dengan menghadirkan para Guru Pengabdi untuk di tempatkan di daerah penugasan yang ditunjuk. Guru Pengabdi memili peran untuk membantu memperbaiki kualitas sumber daya di daerah penugasan sehingga ketimpangan di daerah pelosok kabupaten Muara Enim dapat berkurang.

Tinggalkan Balasan